tiket pesawat~Fenomena Tiket Pesawat Promo Maskapai Penerbangan ~ Tiket Pesawat

Hallo Tamu? Welcome To My Site
Service I Berita AirLines I Sponsor I Advertise

tiket pesawat, tiket pesawat promo, harga tiket pesawat tiket pesawat murah, paket tour plus tiket pesawat

Siapa yang tidak tergoda melihat harga tiket pesawat Jakarta-Singapura, misalnya, seharga Rp300 ribuan? Atau tiket pesawat Jakarta – denpasar 200 ribuan? Ditambah lagi dengan proses pemesanan tiket pesawat dan sistem pembayaran yang dimudahkan, tidak heran saat ini ada perilaku liburan baru: bukan tergantung hari libur buat berwisata, tapi tergantung ada tidaknya tiket pesawat promo.

Sebetulnya, mahalnya harga tiket pesawat dapat dimaklumi juga oleh calon penumpang. Alasannya sangat jelas, perusahaan Maskapai Penerbangan selaku penyedia jasa transportasi udara juga dalam operasionalnya membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan moda transportasi lain. Mahalnya harga tiket pesawat itu terbayar dengan waktu tempuh yang jauh lebih singkat, selain kenyamanan juga yang di dapatkan.

Justru kalau harga tiket pesawat murah, calon penumpang akan timbul berpikir, jangan-jangan dengan harga tiket pesawat yang hanya separuh harga normal itu, keselamatannya juga separuh harga? Wah, berabe urusannya! Apalagi, belum hilang di ingatan masyarakst, beberapa kejadian kecelakaan pesawat komersial di Indonesia yang rasanya rutin tiap tahun. Setiap peristiwa kecelakaan pesawat itu selalu membuat kita begidik ngeri. Karena selama ini jumlah penumpang yang selamat apabila terjadi kecelakaan pesawat itu dalam kisaran 0,999 % saja.

Ternyata setelah di pelajari, sistem kerja tiket pesawat promo yang di keluarkan oleh maskapai tidak seperti itu. Pada dasarnya, ada tiga persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh semua perusahaan jasa transportasi di dunia ini, termasuk transportasi udara, yaitu dari sisi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Menurut Gatot Rahardjo (37), pengamat penerbangan komersial, dua syarat pertama itu harus dipenuhi dulu, baru kemudian faktor kenyamanan, sebagai bagian dari bumbu bisnis transportasi.

Penjualan tiket pesawat dengan harga murah, lanjut Gatot, adalah bagian dari bisnis maskapai penerbangan. Tiket pesawat bisa murah, salah satunya faktornya adalah tingkat kenyamanannya dikurangi. Misalnya, selama perjalanan tidak mendapat makanan/ snack, bangku pesawat telah ditentukan (tidak bisa memilih), dan tidak bisa mengubah waktu keberangkatan. “Tapi walau begitu, bisnis ini tetap tidak boleh melanggar syarat keselamatan dan keamanan,” kata pria yang juga wartawan di Majalah Angkasa ini.

Di Indonesia, aturan yang mengurus masalah tarif tiket pesawat adalah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 26 Tahun 2010. Di situ ditentukan tarif batas atas tiket pesawat. Yang dimaksud tarif batas atas adalah harga jasa tertinggi yang diizinkan diberlakukan oleh perusahaan penyedia jasa angkutan udara niaga. Tarif batas atas ini berbeda-beda penerapannya untuk tiap maskapai penerbangan, tergantung kelasnya.

Pembagian kelas di tiap-tiap maskapai penerbangan di Indonesia dibagi berdasarkan pelayanan yang diberikan, yaitu kelas full services, medium services, dan no frills services (pelayanan standar minimum).Untuk kelas full services, penerapan tarif bisa mencapai 100% dari tarif batas atas yang ditentukan. Untuk kelas medium, penerapan tarif setinggi-tingginya 90% dari tarif batas atas. Sedangkan untuk kelas terendah, penerapan tarifnya setinggi-tingginya 85% dari tarif batas atas.

Jadi kalau misalnya tarif batas tiket pesawat rute Jakarta - Surabaya. adalah Rp1 juta, maka kelas tertinggi, seperti Garuda Indonesia, bisa menjual tiket sampai Rp1 juta, dengan layanan penuh. Untuk maskapai kelas menengah, seperti Sriwijaya Air dan Batavia Air, tiketnya bisa dijual sampai Rp900.000. Untuk kelas pelayanan standar, seperti AirAsia dan Lion Air, tiket termahal untuk rute tersebut adalah Rp850.000.

Nah, karena tidak di berikan aturan mengenai tarif batas bawahnya, maka maskapai yang mau menjual sampai nol persen pun boleh-boleh saja, misalnya, dengan alasan promosi tadi. Karena itu, tiket berharga murah ini disebut tiket pesawat promo.

Yang namanya promo, tentu maskapai tidak akan habis-habisan mengeluarkan tiket berharga murah itu. Biasanya, tiket promo hanya dibatasi untuk beberapa bangku saja. Maka itu, tak heran kalau banyak calon konsumen yang rela manteng di depan komputer untuk berburu tiket pesawat promo yang ditawarkan berbagai maskapai penerbangan di website-nya.

Masalah tiket pesawat promo yang hanya dijual terbatas, menurut Gatot, tentu dikarenakan tiap perusahaan jasa transportasi perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan. “Kalau semua ,tiket pesawat dijual murah, pemasukannya dari mana?” kata Gatot.

Departemen Perhubungan akan secara rutin melakukan audit terhadap para penyedia jasa transportasi udara Indonesia. Untuk dapat menekan harga tiket pesawat dengan murah, yang bisa “dimainkan” hanya faktor kenyamanannya. Kalau bagian keselamatan dan keamanan ikut dimainkan, misalnya dengan menurunkan standar perawatan, maskapai itu akan dicabut operasinya.

Kondisi ini tak pelak membuat para penyedia jasa angkutan udara bersaing mendapatkan hati para konsumen. Selain kelas-kelas pelayanan tadi, maskapai penerbangan masih membagi kelas-kelas tersebut dalam subkelas. Persaingan subkelas ini terutama terjadi di maskapai kelas menengah.
 Kelas tersebut dibagi berdasarkan harga tiket pesawat untuk satu rute penerbangan. Penamaan sub-kelas ini biasanya menggunakan urutan alfabet. Dari subkelas A (sering disebut juga Alpha)untuk harga rate harga tertinggi sampai X (X-Ray), walaupun tidak semua maskapai menggunakan penamaaan serupa, namun intinya tetap sama.

Yang perlu kita ketahui, kelas harga ini tidak mempengaruhi posisi tempat duduk atau fasilitas yang didapatkan penumpang. “Fasilitas tertentu dalam penerbangan dibedakan di tingkatan kelas, namun di tingkatan subkelas, fasilitas yang didapatkan sama rata,” jelas Ardiyanto Dwi Putra, travel advisor sekaligus pemilik Putra Wisata Travelling Advisor.

Jika jumlah tempat duduk pada tingkatan harga terbawah (kelas standar subkelas X) pada kelas yang sama habis terjual, lanjut Ardiyanto, kemudian dijual tiket dengan harga yang sedikit lebih tinggi, walaupun pada kelas yang sama (kelas standar, subkelas W). Demikian seterusnya. Umumnya, menurut Ardiyanto, selisih harga tiap subkelas berkisar antara Rp25 ribu sampai Rp50 ribu.

Yang sangat mempengaruhi perubahan rate harga tiket pesawat tersebut adalah musim liburan, atau kerap disebut peak season. Pada liburan Lebaran lalu, misalnya, harga tiket rute Jakarta-Medan mencapai Rp1,3 juta, sedangkan tarif low season berada di kisaran Rp400 ribu-Rp.800 ribu.

Sekarang tinggal melihat keberuntungan anda: melototin dan nongkrongin website maskapai atau travel agent, kemudian cepat-cepat tanpa ba bi bu melakukan pemesanan tiket pesawat promo.

Selamat Berburu Tiket Pesawat Promo, Semoga Berhasil!


















0 komentar

Poskan Komentar

Support

tiket pesawat,harga tiket pesawat lion air, tiket pesawat murah lion air, tiket pesawat online lion air harga tiket pesawat,harga tiket pesawat sriwijaya air, tiket pesawat promo sriwijaya air, tiket pesawat online sriwijaya air

Social Icons

Followers

Jumlah Kunjungan

Alamat Kantor

Kantor Pusat :
Jl. Demang Lebar Daun lrg. Mesuji blok F12 no.642/3338 kelurahan Lorok Pakjo, 30137
Palembang Sumatera Selatan, Indonesia

Kantor Cabang :
Jl. DI Pandjaitan No 15 Kec. Plaju Seberang ulu (depan komplek Pertamina Bagus Kuning)
Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

OP 1OP 2OP 3OP 4
OP 6OP 7OP 8OP 9
Tiket Pesawat Domestik, Kereta Api, Hotel
Ms.NurMs.AisyahMs.DianaMs.Rahma
Tiket Pesawat Internasional dan Paket Tour
Mr.AgusMr.Balad

Mobile

Hunting : 0711 41 49 03

Telkomsel : 0812 71111 001

XL : 0878 975 333 66

Indosat : 0858 3845 66 99

Flexi : 0711 78 30001

Email : info@tiketpesawatkamu.com

Pin BB : 26639B55

Suara Konsumen : 0821 80 826 826

Rekening Kami

BCA : 021 264 1268

Mandiri : 112 000 647 9195

BNI : 019 722 4968

Atas Nama:

Mgs Akhmad Fadly Rizqon

Popular Posts